Liburan Suasana Countryside ala Swiss di Alahan Panjang

Selain Airnya yang Jernih Kebiruan, Pemandangan Sekitar Danau Juga Sangat Sejuk

Sumatera Barat (Sumbar) merupakan satu dari banyak provinsi di Indonesia yang dianugerahi danau-danau indah. Salah satunya Danau Kembar, meski popularitasnya belum setenar Singkarak atau Talang namun Danau Kembar tak kalah bagus. Danau Kembar berada di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Tempat wisata yang terkenal dengan sebutan Danau di Atas dan Danau di Bawah (Danau di Ateh dan Danau di Bawah) ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sesuai dengan namanya, Danau Kembar merupakan dua buah danau yang terletak saling berdekatan dan memiliki ukuran yang hampir sama. Meskipun akrab disebut sebagai Danau di Atas dan Danau di Bawah, akan tetapi penamaan tersebut justru berbanding terbalik dengan kenyataannya. Danau yang posisinya lebih tinggi justru dinamakan Danau di Bawah, sedangkan danau yang lebih rendah dinamakan Danau di Atas.

Meski dikatakan kembar namun ternyata kedua danau ini memiliki perbedaan yang kontras diantaranya, jika Danau Diatas merupakan hulu dari Sungai Batanghari yang membelah Pulau Sumatera dan bermuara di Selat Malaka, beda halnya dengan Danau Dibawah yang hingga saat ini belum diketahui secara pasti kemana air dari Danau Dibawah dialirkan karena tidak temui sungai yang berhulu di danau ini.

Perbedaan lainnya adalah tentang kedalaman kedua danau ini, Danau Diatas merupakan sebuah danau yang masuk kategori dangkal, titik terdalam danau ini hanya 44 meter saja beda halnya dengan Danau Dibawah yang titik terdalamnya berada di 884 meter dari muka air, sebuah kedalaman yang terbilang menyeramkan untuk sebuah danau, bahkan masyarakat sekitarpun tidak berani membawa perahu hingga ke tengah danau.

Satu lagi perbedaan yang berpengaruh pada aktifitas wisata pada kedua danau ini yaitu kemudahan akses. Danau Diatas memiliki kemudahan akses untuk dijangkau, bahkan mobil pun bisa melaju hingga ke tepian danau. Selain airnya yang jernih kebiruan, pemandangan di sekitar danau ini juga sangat menyejukkan mata. Dijamin Anda akan betah berlama-lama di sini. Bersantai di tepi danau merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk menikmati liburan di akhir pekan.

Danau yang bersih ditambah dengan pemandangan alam di sekeliling seakan menyapu semua rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Karena lokasi danau yang berada di dataran tinggi Bukit Barisan, membuat udara di sekitar sini terasa sangat sejuk. Banyak sekali aktifitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Danau Kembar ini. Jika Anda tidak puas dengan pemandangan danau, Anda juga bisa mencoba beberapa fasilitas wisata yang terdapat di sekitar danau seperti Tracking, Outbond, olahraga air, dan masih banyak lagi. Selain itu Anda juga bisa menyambangi danau yang satunya dengan mudah, dengan jarak antara kedua danau tersebut hanya sekitar 300 meter saja.

Aktivitas para petani sayuran menjadi pemandangan mengasyikan tersendiri yang bisa Anda temui di sini. Anda yang hobi memancing bisa menyalurkannya di sini. Anda bisa juga melihat Gunung Api Talang yang masih aktif. Kawasan Danau Kembar juga memiliki agroturis yang luas dan khas seperti perkebunan teh, bunga dan markisa. Untuk fasilitas di sekitar Danau Kembar sendiri sudah sangat lengkap, mulai dari tempat bersantai hingga rumah makan sangat mudah dijumpai di sini. Selain itu juga terdapat beberapa cottage yang bisa disewa untuk menginap.

Bagi Anda yang menyukai bunga di sini juga terdapat bunga yang sangat unik yang bernama Bunga Sarai Gunuang yang bisa Anda beli kepada masyarakat di sana. Menurut penjualnya bunga ini bisa bertahan lama, bahkan bisa bertahan selama bertahun-tahun tanpa layu. Jarak dari Kota Padang menuju ke Danau Kembar hanya sekitar 60 km saja dan memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju kawasan itu, mata Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan, hutan, jurang yang curam hingga hamparan perkebunan teh, dijamin membuat liburan Anda berkesan.

Sumber : ksmtour.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *