Desa Wisata Pesona Pagadih

Nagari Pagadih terletak di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat Sekitar satu setengah jam dari Kota Bukittinggi, Anda sudah bisa menikmati potensi alam dan kebudayaan yang sangat melimpah.

Nah bagi sobat yang mau berkunjung ke Desa Wisata ini bisa simak apa saja yang ada di Desa Wisata Pesona Pagadih,

Sarasah Pagadih Gadang

sarasah pagadih gadang merupakan salah satu landmark wisata alam di Nagari Pagadih, dengan ketinggian lebih kurang 18 meter, juga memiliki 4 tingkatan dan bisa dijumpai dengan menempuh 1.5 jam perjalanan tracking sepanjang 2,6 km dari pintu hutan.

selain menyuguhkan pemamdangan alam, disini bisa dilakunan aktivitas waterfall camp, dan wahana air lainnya.
disararasah pagadih gadang ini sendiri juga memiliki event khusus ketika menyambut bulan suci ramadhan, yakni wisata balimau ( mensucikan diri sebelum memulai bulan puasa ) dengan media limau / jeruk nipis sebagai pembersihan diri.
wisata balimau itu sendiri ramai dikunjungi sampai lebih kurang 200 wisatawan.

Tambua Tasa Dan Talempong Pacik

Tambua Tasa dan Talempong Pacik merupakan atraksi kesenian tradisi yang sering dilakukan dalam acara penyambutan dan arak-arakan baik dalam acara resmi, keagamaan, maupun event adat salingka nagari.

Kampia Mansiang

kampia mansiang merupakan produk asli pagadih berbentuk anyaman, sebagai tas untuk keperluan masyarakat. ini mengusung tema go green sejak dulu, meminimalisir pemakaian kantong plastik.

Puncak Panorama Bukik Tontong

Untuk mencapai titik ini kita hanya menempuh sekitar lebih kurang setengah jam perjalanan kaki dari balai Nagari Pagadih, sangat cocok bagi para pecinta tracking tanjakan untuk olahraga alam,.
dipuncak ini mata kita dimanjakan dengan jajaran bukit barisan yang masih asri, gumpalan awan, serta dari kejauhan tampak jelas museum PDRI di kab.50 Kota. dan disini sudah terdapat sinyal 4G bagi pecinta media sosial untuk mengunggah momentnya secara langsung.

Guo Bukik Ngalau

destinasi goa yang terdapat di nagari pagadih, aktivitas yang bisa dilakukan disini yaitu spot foto yang masih natural lengkap dengan bebatuannya, kita juga bisa susur goa, yang memiliki panjang sekitar lebih kurang 100 M

Festival Batanam Padi

batanam padi ini digelar untuk melestarikan budaya bercocok tanam di Nagari Pagadih. dihadiri sekitar 300 orang dalam 4 hari, kegiatan ini berupa lomba menanam padi dengan metode mundur tanpa digaris dengan pakaian adat, hiburan kesenian tradisi, diskusi pertanian, diskusi budaya, tracking ke perkebunan dan persawahan masyarakat.

Nah ini lah beberapa hal menarik bila sobat berwisata ke Desa Wisata Pesona Pagadih, dengan sobat berkunjung sambil berwisata alam juga melestarikan budaya sumatera barat.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *